Rabu, 28 November 2012

PANDUAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER

PANDUAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
(SABTU BERSIH, SEHAT, SABTU TOBAT)
LATAR BELAKANG MASALAH
Persoalan karakter bangsa saat ini menjadi sorotan massa baik dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, maupun dialog di media elektronik. Media massa, para ahli, pengamat pendidikan dan pengamat sosial membicarakan persoalan-persoalan yang muncul di masyarakat, seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, dan tawuran pelajar.

Berkaitan hal di atas pendidikan sering disebut-sebut sebagai lembaga yang tidak berhasil, lembaga yang dipersalahkan. Tetapi, anehnya pendidikan pulalah yang menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Pendidikan dianggap sebagai alternatif pemecahan masalah yang bersifat preventif karena pendidikan memiliki fungsi mewariskan nilai-nilai dan prestasi masa lalu ke generasi mendatang.  Pendidikan berkewajiban menanamkan akhlak, budi pekerti luhur, kecerdasan emosi, intelek, sosial dan spiritual.

SMAN Darussholah sebagi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tugas untuk mengantar peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimiliki sebagai manusia yang cerdas, terampil, berkarakter dan agamis seperti yang tertuang dalam visi dan misi sekolah sebagi berikut.

II.             VISI, MISSI  SMAN DARUSSHOLAH

VISI
Mewujudkan peserta didik yang berprestasi, berkarakter,mandiri dan berjiwa religius menuju insan kamil”

INDIKATOR VISI
1.        Peningkatan dalam perolehan nilai Ujian Nasional (UN)
2.        Peningkatan proporsi jumlah siswa untuk melanjutkan dan diterima di Per  Perguruan Tinggi Negeri
3.        Berprestasi dalam lomba pengembangan bakat,minat dan kreativitas
4.        Memiliki jiwa disiplin, hidup tertib, rajin,dan penuh dedikasi.
5.        Melakukan pembiasaan diri dalam menjalankan aktivitas keagamaan.
6.        Melakukan pembiasaan diri untuk hidup bersih, sehat, rapi,   dan indah.
7.        Memiliki rasa solidaritas sosial dan terciptanya lingkungan sekolah yang aman.

MISI SEKOLAH
1.        Meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru dan Pegawai yang berkarakter.
2.        Mengembangkan terlaksananya proses pembelajaran yang efektif-efisien dan bermutu.
3.        Membina peserta didik untuk mencapai keunggulan prestasi akademik.
4.        Membina peserta didik dalam pengembangan minat, bakat, dan kecakapan hidup.
5.        Mengembangkan tersedianya  sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai.
6.        Membina peserta didik dalam pembentukan kepribadian yang tangguh, rajin, disiplin, santun dan berakhlaqul karimah.
7.        Membina peserta didik untuk memiliki sadar nilai agama dan budaya.
8.        Menciptakan iklim lingkungan sekolah yang  aman,bersih, sehat, rapi, dan indah.
9.        Menciptakan iklim hubungan sosial yang harmonis, saling menghargai, dan penuh pengertian.
10.     Menerapkan manajemen partisipatif, transparan, dan akuntabel dalam Pengelolaan sekolah.

III.            TUJUAN PEMBIASAAN
Undang-Undang Nomor : 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 yaitu : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradababeriutn bangsa yang bermartabat, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, sehat, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Sehubungan tujuan di atas lebih khusus tujuan pendidikan karakter  sebagai berikut.
1.        Mengembangkan potensi kalbu/ nurani/sikap peserta didik sebagi manusia dan warga yang memiliki budaya/ karakter bangsa
2.        Mengembangkan kebiasaan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai tradisi budaya yang religius.
3.        Menanamkan kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.
4.        Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan Kebangsaan.
5.        Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa Kebangsaan yang tinggi dan penuh percaya diri/ keyakinan.

IV.            BENTUK PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER
Bentuk pendidikan karakter di SMAN Darussholah Singojuruh berupa:
1.        Pembiasaan Salam, Senyum, Sapa, Santun
2.        Mengaji Al Quran ayat-ayat pendek dan Asmaul Husnah
3.        Salat Dzuhur dan Jumat
4.        Sabtu Bersih, Sabtu Sehat, Sabtu Tobat.

V.             PELAKSANAAN
1.        Pembiasaan Salam, Senyum, Sapa
Pembiasaan ini dilakukan dengan cara bersalaman, tersenyum ketika berjumpa siapa saja, dan menyapa dengan mengucapkan salam. Pagi-pagi kepala sekolah, guru/pegawai (yang mendapat  piket harian) berdiri di depan sekolah untuk menjemput kehadiran siswa dengan bersalaman dengan sesama guru/ pegawai dan siswa.

2.        Mengaji Al Quran dan Asmaul Husnah
Kegiatan membaca Al Quran ayat-ayat pendek dilakukan pada hari Rabu, Kamis dan Sabtu jam 6.30 s.d. 6.45 dipandu oleh seorang guru, para siswa mengikuti. Sedangkan membaca Asmaul Husnah dilaksanakan pada hari Selasa dan Jumat jam 6.30 s.d. 6.45 dipandu oleh siswa  yang mendapat giliran tugas dan diikuti oleh yang lain. Jadwal pemandu kegiatan membaca Al Quran dan Asmaul Husnah terlampir.

3.        Sabtu Bersih, Sabtu Sehat, dan Sabtu Tobat
Jadwal Kegiatan

No
Pelaksanaan
Kegiatan
Bentuk Kegiatan
Penanggung
Jawab
1.
Sabtu I
Jam 6.30 s.d. 7.30
Sabtu  Bersih

Seluruh warga sekolah (Ks, guru/ pegawai, siswa) membersihkan lingkungan sekolah dan merawat serta menanam tanaman ( bunga,
pohon pelindung, buah).

Kelompok piket kebersihan dari masing-masing kelas  mendapatkan jatah kegiatan yang berbeda-beda (membersihkan kelas, halaman kelas, lingkungan kelas dan taman).

Masing-masing wali kelas bertanggung jawab atas kegiatan di kelasnya masing-masing.
Panitia Green and Clean
2.
Sabtu II
Jam 6.30 s.d. 7.30
Sabtu Sehat

Seluruh warga sekolah (Ks, guru/ pegawai, komite dan siswa) melaksanakan senam kesegaran jasmani.
Kegiatan ini dipandu oleh guru olahraga dan perwakilan kelas sebagai master. Siswa dan guru/
pegawai mengikuti gerakan master.

Kegiatan ini juga melibatkan komite dan perangkat desa serta Muspika.
Guru Olah
raga
3.
Sabtu III
Jam 6.30 s.d. 7.30
Sabtu Tobat

Seluruh warga sekolah (Ks, guru/ pegawai, komite dan siswa) mengikuti pengajian (ceramah gama), dzikir dan berdoa bersama.

Penceramah berasal dari guru atau Ustat dari luar sekolah.
Guru Agama
4.
Sabtu IV
Jam 6.30 s.d. 7.30
Sabtu Tobat

Kepala sekolah, guru/ pegawai, menyampaikan informasi kependidikan dan evaluasi kerja.

Pengisi materi Kepala sekolah dan atau  guru/pegawai.

Siswa melaksanakan senam pagi dipandu oleh perwakilan siswa dan OSIS.
Kepala Sekolah




OSIS


VI.            PENUTUP
Semoga panduan yang sederhana ini dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan untuk menanamkan karakter bangsa bagi peserta di SMAN Darussholah Singojuruh.


                                                                                                                                                                                                                         Singojuruh, Agustus 2012


JADWAL IMAM  SHOLAT DHUHUR
SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NO
HARI
NAMA IMAM
KELAS
1
SENIN
Drs. H. DARDIRI
X
Drs. SAMSUL ARIFIN
2
SELASA
H. IKHWAN ANWAR, S.Ag., MM.
XI
Drs. RUSDI, MM.
3
RABU
JOKO WIDODO DP., S.Pd., MM.
XII
Drs. AGUS FAESHOL
4
KAMIS
H. IKHWAN ANWAR, S.Ag., MM.
X
ASMUNI TR., SE., MM.
5
JUMAT
KOMARI, S.Ag.
X, XI, XII
SEMUA GURU
6
SABTU
KOMARI, S.Ag.
XI
Drs. NURKHOLIS




JADWAL PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN
SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NO
HARI
PETUGAS
1
RABU
H. IKHWAN ANWAR, S.Ag., MM.
2
KAMIS
Drs. H. DARDIRI

SINGOJURUH, 06 JULI 2012
                                                                                                                                                                                                KEPALA
SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH



SUNYOTO EDY SANTOSO, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19620522 198512 1 002