SOAL ESAY/DAN URAIAN TERSTRUKTUR
SOAL UJIAN PROFESI KEGURUAN
1. Jelaskan mengapa guru harus memiliki 4 kompetensi?
2. Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan profesionalismenya?
3. Bagaimana tanggapan anda terhadap UU Guru dan Dosen?
4. Mengapa guru dalam mengajar harus mempertimbangkan standar isi?
5. Bagaimana pandangan anda terhadap profesionalisme guru selama ini?
SOAL UJIAN PTK
1. Apakah PTK?
2. Bagaimana kedudukan PTK dalam KTSP?
4. Bagaimana karakteristik PTK?
5. Apakah siklus dalam PTK?
6. Kapan peneliti akan pindah dari satu siklus ke siklus yang lain?
7. Bagaimana menganalisis PTK?
8. Bagaimana melaporkan PTK?
SOAL UJIAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
1. Mengapa guru harus paham dengan KTI?
2. Bagaimana ciri KTI?
3. Produk apa saja yang tergolong KTI?
4. Bagaimana perbedaan struktur artikel hasil penelitian dan non penelitian (analisis konsep)?
5. Bagaimana menuliskan abstrak dalam artikel?
6. Apa yang seharusnya ditulis dalam bagian pembahasan suatu artikel hasil penelitian?
SOAL UJIAN PAIKEM
1. Apakah sebenarnya konsep PAIKEM itu?
2. Mengapa harus menggunakan pendekatan PAIKEM?
3. Mengapa konstruktivisme cocok untuk pendekatan PAIKEM?
4. Bagaimanakah prosedur pengembangan RPP berbasis PAIKEM?
5. Buatlah RPP berbasis PAIKEM?
SOAL PENDIDIKAN KARAKTER (SOFTSKILL)
1. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan karakter?
2. Mengapa pendidikan karakter perlu diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran?
3. Bagaimana cara mengintegrasikan pendidikan karakter kepada para siswa?
4. Bagaimana cara mengakses pendidikan karakter?
5. Apa yang salah dalam sistem pendidikan kita, sehingga masih ditemukan perkelahian antar kelompok siswa, bahkan penodongan/pencurian yang dilakukan oleh para siswa.
SOAL UJIAN ASSESMENT
1. Mengapa sebelum menentukan instrumen assesment terlebih dahulu harus melakukan analisis terhadap kompetensi dasar? Dan bagaimana prosedurnya?
2. Bagaimana cara guru agar proses penilaian lebih bersifat otentik?
3. Jelaskan perbedaan antara assesment dengan menggunakan metode tes dan non tes?
4. Mengapa assesment perlu dilengkapi dengan rubrik?
5. Mengapa sebelum membuat instrumen assesment harus mempertimbangkan prinsip-prinsip?
6. Jelaskan konsep penilaian, pengukuran dan assesment?
7. Mengapa guru perlu melakukan assesmentt?
8. Buatlah contoh desain assesmentt?
9. Apakah yang dimaksud dengan belajar tuntas?
10. Apa yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan instrumen assesmentt?
11. Buatlah contoh item tes esay untuk aspek analisis, evaluasi dan kreatif?
12. Buatlah lembar obersevasi untuk aspek kognitif, psikomotorik dan afektic?
SOAL MEDIA PEMBELAJARAN
1. Mengapa sebelum memilih suatu media perlu mengacu pada kompetensi dasar?
2. Bagaimana prosedur dalam memilih suatu media pembelajaran yang sesuai?
3. Mengapa guru perlu memanfaatkan lingkungan sekitar, sebagai media pendidikan?
4. Jelaskan kelemahan apa yang sering dilakukan oleh guru dalam memilih media dikaitkan dengan tingkat perkembangan kognitif anak?
5. Mengapa guru harus menggunakan media dalam PBM?
SOAL TES ASSESMENTT
1. Assesment bisa dilakukan pada tahap
(a) Pendahuluan
(b) Kegiatan inti atau penyajian
(c) Penutup
(d) Di semua tahap kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan assesment dapat berupa
(a) tes
(b) non tes
(c) tes dan non tes
(d) semua salah
3. Metode tes kinerja dapat berupa
(a) uji petik
(b) simulasi
(c) proyek
(d) semua benar
4. Syarat utama yang harus dipenuhi dalam menyusun instrumen tes adalah
(a) usable
(b) acceptable
(c) redudanable
(d) valid dan reliable
5. Untuk mengakses keterampilan siswa dalam membuat suatu model dapat dilakukan dengan :
(a) tes tulis
(b) tes lesan
(c) angket
(d) uji petik kerja
6. Evaluasi dilaksanakan pada :
(a) Awal pembelajaran
(b) Saat proses pembelajaran
(c) Akhir pembelajaran
(d) Akhir program pembelajaran
7. Melakukan tes pada siswa termasuk kegiatan :
(a) Assesment
(b) Evaluasi
(c) Pengkukuran
(d) Penilaian
8. Tes yang bertujuan untuk mengetahui penampilan siswa disebut sebagai :
(a) tes kognitif
(b) psikomotor
(c) performance assesmentt
(d) placement tes
9. Tes yang baik harus memenuhi
(a) validitas
(b) reliabelitas
(c) measurable
(d) validitas dan reliabelitas
10. Untuk mengetahui aspek afektif siswa dapat dilakukan dengan menggunakan
(a) tes tulis isian
(b) tes wawancara
(c) angket
(d) tes uraian
11. Memberikan ulangan harian untuk mata pelajaran ekonomi termasuk kegiatan
(a) assesmentt
(b) evaluasi
(c) pengukuran
(d) penilaian
12. Assesmentt berbasis kompetensi berusaha membandingkan antara keberhasilan seorang siswa dengan
(a) siswa lain
(b) materi pelajaran
(c) kompetensi dasar
(d) Standar kompetensi
SOAL MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media pembelajaran yang bagus perlu mempertimbangkan
(a) KD
(b) Materi
(c) Pengalaman belajar
(d) Semua benar
2. Pembelajaran konstruktivistik membutuhkan media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membangun konsep sendiri, untuk itu diperlukan jenis media yang :
(a) berupa gambar
(b) film
(c) model aktif
(d) benda tiruan atau artificial
3. Untuk mengetahui efektivitas suatu media pembelajaran diperlukan :
(a) tes media
(b) rubrik media
(c) sket media
(d) semua salah
4. Sebagian besar kesalahan guru dalam memilih media dalam kegiatan perencanaan adalah ....
(a) tidak disajikan sket media
(b) tidak tampak implementasinya dalam kegiatan pembelajaran
(c) tidak menggunakan multimedia
(d) mengabaikan ICT (pemanfaatan teknologi)
5. Variasi penggunaan media sangat penting dalam
(a) kegiatan pembuatan RPP
(b) merencanakan media
(c) mengimplementasikan media dalam PBM
(d) menilai media
Jawaban soal ini akan segera kami upload ...