Kamis, 17 Maret 2011

Nge Blog bukan kegiatan remeh

Ngeblog bukan lah suatu kegiatan yang remeh dan membuang-buang waktu. Akan tetapi Ngeblog adalah merupakan kegiatan yang memerlukan keterampilan menulis, mengatur desain, mempunyai wawasan luas, serta dasar yang kuat dalam setiap artikel yang disampaikan. Sebab selain blog merupakan catatan pribadi seseorang namun secara langsung mempunyai tanggung jawab moral yang tinggi terhadap para pembacanya di seluruh dunia.

Setiap orang akan mengawasi, setiap orang akan menyampaikan pujian, hinaan, cercaan bahkan blog tersebut akan diblokir oleh Blogger sendiri apabila artikel yang disampaikan sudah keluar dari norma, nilai hukum dan sosial.
Ngeblog adalah merupakan wadah aspirasi seseorang untuk menyampaikan segala pengetahuan,
wawasan dan pengalaman, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Blog juga dapat dimanfaatkan untuk promosi produk, hasil karya, hasil seni, lowongan pekerjaan, informasi, komunikasi dan sebagainya. Sehingga blog adalah sebuah media walaupun mudah dan murah akan tetapi memiliki fungsi positif yang sangat luar biasa.
Ada rumor bahwa blog bisa menghasilkan uang jutaan dan satu hari. Memang semua hal itu mungkin terjadi, tergantung usaha kita. Seperti yang tercantum pada poin di atas, dengan blog kita bisa promo, jual barang, afiliasi, dsb, dan jika kita memang benar-benar serius menggarap hal tersebut, dipastikan kita akan dapat uang jutaan bahkan ratusan juta dalam sehari. Tetapi tentu saja tidak "Bim salabim" langsung dapat begitu saja, tetapi. harus ada proses panjang dan jiwa yang "militan" untuk menggapainya. Bukan hanya sekedar populer atau bukan hanya sekedar berpenampilan bagus saja , yang pada prinsipnya sama dengan kehidupan kita sehari-hari (offline).
Blog bagi para Pendidik : para pendidik (Guru) yang selama ini telah melakukan pengajaran secara offline (convesional), akan memiliki waktu dan tempat yang terbatas, manakala target pelajaran banyak dan waktu terganjal oleh kegiatan ekstra, hari keagamaan, liburan dsb. Nah... dengan media ini, pada guru dapat menuliskan materi-materi / bahan ajar yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya serta tugas-tugas tertentu untuk anak-anak. Kemudian siswa dapat menjawab / menyelesaikan tugas-tugasnya bisa melalui Email atau langsung pada blog yang bersangkutan. Hal ini  tentu lebih flexibel  dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Blog bagi para Siswa : pada siswa dapat memanfaatkan fasilitas blog ini sebagai buku catatan pelajaran, atau informasi-informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Karena blog ini sifatnya permanen, selama satelit masih ada dan internet masih berlajan, tentu saja catatan harian ini tidak akan rusak karena hujan, hilang dipinjam teman, terbakar karena lalai atau ikut terangkut pemulung lantaran salah meletakkan tempat. Nah...dari manfaat itu ada beberapa sisi positif yang bisa ambil. 1) Siswa akan terlatih untuk menyampaikan artikel2 yang bertanggung jawab, 2) Catatan siswa akan selalu ada (tidak akan hilang), 3) Siswa akan mendapat wawasan lebih secara global, untuk meningkatkan mutu sebagai pelajar. 4) Akan terjalin komunikasi yang lebih luas baik antar siswa se negara maupun diluar negeri.
Oleh karena itu, rasanya sangat sayang .. apabila Guru dan Siswa SMA Negeri Darussholah Singojuruh tercinta ini, tidak memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mempermudah kegiatan pengajaran dan pendidikan.
Saya tidak mengatakan bahwa Facebook, Twitter, Yahoo Messager dan jenis chat lainnya kurang manfaat, tetapi pada kenyataanya saat ini, banyak kalangan yang kehilangan pekerjaan, perpecahan keluarga, penculikan orang, pemerkosaan, nilai sekolah menjadi melorot, lantaran kegiatan chat tersebut. Chat bagi kalangan kita tak lebih hanya sebuah guyonan, hiburan, tempat mencari pasangan, ajang adu omong kosong , umbar sahwat dan lain sebagainya.
Coba anda bandingkan sendiri jika anda sudah masuk ke chat negara2 maju, misal komunitas negara Eropa, Amerika, Australia dsb, fasilitas jejaring sosial ini berisi hal-hal yang menunjukkan kepopuleran seseorang, hasil karya, info kegiatan terbaru dan sebagainya. Ini berfungsi untuk meningkatkan popularitas dan kepiawaian seseorang yang ujungnya adalah proyek besar  yang bisa ia garap. Mereka akan menampilkan performa terbaik mereka terhadap perusahaan tertentu dan jejaring sosial adalah salah satu pembuktian bagi diri mereka bahwa ia telah mempunyai pengalaman cukup terhadap hal tersebut.
Mengapa kita tidak? Mereka dan kita sama, sama-sama memiliki pengetahuan, sama-sama memiliki skill tertentu, sama-sama profesional pada bidangnya dan sama-sama mempunyai harapan untuk mendapatkan hasil lebih.
Kita sadari memang saat ini Negara kita sedang "SAKIT", sehingga penghargaan  terhadap kemampuan seseorang SANGATLAH RENDAH, bahkan penghargaan yang diberikan kepada seseorang sangatlah "TIDAK RELEVAN" baik dengan obyek maupun dengan subyek yang bersangkutan. (tetapi bukan ini permasalahannya). Tetapi dengan meningkatnya skill seseorang, tentu kesempatan untuk hidup lebih baik akan semakin luas terbuka lebar. Akan tetapi bagi para pecundang, akan nampak kebodohannya mana kala ia berhadapan dengan sesuatu yang harus ia hadapi sendiri, atau manakala perbuatannya diketahui orang lain dan dia sudah tidak dipercaya lagi oleh orang lain.

Saya yakin dengan seyakin-yakinnya, kalau pola fikir warga sekolah lebih dewasa demi peningkatan mutu dirinya sendiri. (tidak menjadi pecundang atau belajar menjadi pecundang) tentu  pada akhirnya akan dapat memberikan perubahan sistem negara yang sedang sakit menjadi membaik dan pada sembuh.
Yang terakhir... harapan penulis, semoga tahapan-tahapan peningkatan wawasan yang bersifat positif ini kita sambut lebih serius dan aplikatif, sehingga fasilitas internet merupakan aset yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari, serta semangat belajar anak-anak semakin meningkat yang pada akhirnya SMA Negeri Darussholah Singojuruh berkembang lebih baik di masa datang.
Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai, mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan. Komentar anda adalah suatu anugerah bagi penulis.