Sabtu, 28 November 2009

Kebangkitan SMANDA

Selang beberapa Hari yang lalu tepatnya pada tanggal 16 Februari 2009 di SMANDA Singojuruh dilakukan prosesi kenal pamit pergantian kepala sekolah. Dari kepala sekolah lama Bpk. Drs. Sucipto, M.Pd. diganti oleh Bpk. H. Mujib, S.Pd. mutasi dari SMA Negeri Rogojampi.
Nampaknya ada suatu semangat, idealisme, dan visi yang sangat kuat melekat pada diri Bpk. H. Mujib S.Pd. Langkah-langkah cepat segera dilakukan untuk melakukan perubahan di SMANDA Singojuruh.
Beliau sempat tercengang melihat kondisi awal masuk di SMANDA, terutama tingkat kedisiplinan dan motivasi belajar
siswa yang sangat rendah. Beliau menyatakan dalam jangka waktu 10 hari ke depan harus ada perubahan yang lebih baik untuk memulihkan kondisi siswa yang sering meninggalkan pelajaran dan mengurangi tingkat keterlambatan serta meminimalisir ketiak hadiran siswa (alpa).

Hampir setiap pagi Bpk. H. Mujib, S.Pd. datang lebih awal dan langsung berdiri di depan pintu gerbang sekolah bersama sebagian Bpk guru untuk menyambut kedatangan para siswa serta membiasakan berjabat tangan (5 S, senyum, salam, sapa, sopan dan santun) agar tumbuh rasa empati dan rasa saling menyayangi satu sama lain. Begitu pula dilakukan langkah pendekatan kepada lingkungan masyarakat serta kepada Kepala Desa Gumirih untuk memberikan dukungan terhadap program kedisiplinan dan ketertiban siswa.
Ternyata hasilnya sangat luar biasa, semacam ada kebangkitan baru di SMANDA Singojuruh. Berikut komentar para siswa, Guntur kelas X (1) mengatakan “SMANDA telah bangkit dan berubah karena jadi lebih baik. Dan disiplin saya pun harus bisa berubah walaupun agak sulit. Sekolah ini lebih bangkit karena gerakan disiplin yang dicanangkan oleh Bpk H. Mujib, tapi semua itu butuh waktu. Jalan masuk sekolah lebih baik dari sebelumnya, dan karena perhatian kepala sekolah yang lebih baik kepada siswa itu akan mempercepat kebangkitan dan kemajuan SMANDA Singojuruh.
Siswa lain kelas X11 IPS Slamet, meski agak di kenal nakal ikut berkomentar: “banyak terjadi perubahan yang sangat membuat kagum kepada kita semua, terutama di tingkat kedisiplinan baik absensi maupun prilaku siswa serta meningkatnya jam pelajaran yang semakin efektif dan efisien. Sehingga kita sangat senang dan mendukung sekali, karena itu semua bisa mewujudkan maju dan berkembangnya sekolah menuju insan cendekia”.
Bukan hanya siswa, masyarakat juga memberikan tanggapan, “tata tertib sekarang lebih baik dari pada yang dulu, keamanan lebih menjamin, kan saiki gak ada sepeda ndek njobo. Pembangunan saiki kan wis ono nyatane, pokoe disiplin segala-galane wis berubah, keadaan sekolah sekarang lebih baik”. Ujar Mbok Samawah tetangga sekolah sebelah.
Begitupun guru tidak mau ketinggalan memberikan tanggapan, Pak Ali guru Matematika mengatakan “Tentang kedisiplinan siswa meningkat, kedisiplinan guru juga meningkat, kegiatan belajar mengajar dalam keadaan kondusif. Saya mendukung sekali keadaan sekolah sekarang ini”

Sumber :  http://benkelcom.blogspot.com/2009/04/kebangkitan-sma-negeri-darussholah.html