Selasa, 15 Maret 2011

Indikator Kompetensi


Indikator yang terdapat dalam Standar Kompetensi Mapel:
  1. Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha)
·         Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama, dan
·         Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama melalui Praktik atau Pengalaman Belajar.
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
·         Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, dan
·         Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara melalui Praktik atau Pengalaman Belajar.
  1. Bahasa dan Sastra Indonesia
1.      Kemampuan berbahasa, yang terdiri atas sub-aspek:
    • Mendengarkan,
    • Berbicara,
    • Membaca dan
    • Menulis
2.      Kemampuan Bersastra, yang terdiri atas sub-aspek:
    • Mendengarkan,
    • Berbicara,
    • Membaca dan
    • Menulis.
3.      Bahasa Inggris
    • Mendengarkan,
    • Berbicara,
    • Membaca dan
    • Menulis.
4.      Matematika
    • Bilangan
    • Aljabar
    • Geometri dan pengukuran
    • Peluang dan statistika
Kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran matematika yang mencakup ke empat aspek tersebut diatas adalah mencakup :
    • Pemahaman konsep
    • Prosedur
    • Penalaran dan komunikasi
    • Pemecahan masalah
    • Menghargai kegunaan matematika.
5.      Ilmu Pengetahuan Alam
    • Pemahaman Konsep dan Penerapannya
    • Kerja Ilmiah
6.      Ilmu Pengetahuan Sosial
    • Kemampuan untuk mengembangkan konsep kehidupan sosial, dan
    • Kemampuan untuk menerapkan konsep kehidupan sosial melalui Praktik atau Pengalaman Belajar.
7.      Seni dan Budaya
    • Seni Rupa,
    • Seni Musik,
    • Seni Tari , dan
    • Seni Teater.
Siswa boleh memilih satu atau dua dari cabang seni tersebut. kelompok Standar Kompetensi tersebut kemudian diurai menjadi kompetensi dasar (KD) yang mencakup:
    • konsepsi,
    • apresiasi dan
    • kreasi,
8.      Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
    • Permainan dan Olahraga,
    • Aktivitas Pengembangan,
    • Uji diri/senam,
    • aktivitas Ritmik,
    • Akuatik dan
    • Pendidikan Luar Kelas.
    • Kesehatan
9.      Keterampilan
    • menciptakan dan mengkomunikasikan produk kerajinan, dan
    • menciptakan dan mengkomunikasikan produk teknologi.
10.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
    • Pemahaman Konsep, Pengetahuan, dan Operasi Dasar,
    • Pengolahan Informasi untuk Produktivitas, dan
    • Pemecahan masalah, eksplorasi, dan komunikasi.
11.  Muatan Lokal
Muatan Lokal ditetapkan oleh daerah/sekolah, maka pengelompokan nilai dalam rapor ditetapkan oleh sekolah/daerah masing-masing.